Selasa, 21 Oktober 2008

Book Review: Fish!

Review Tulisan.
Hohow.., penyajiannya keren! Semi-semi novel gitu, dech. Salah satu buku kategori ‘how to’ yang enak untuk dibaca dan tidak membosankan, serius.Buku ini tuh nyeritain bagaimana kita mampu mencintai pekerjaan yang sedang kita jalani.

Ada empat ‘pasal’ yang mesti dimiliki; memilih sikap, bermain, bikin hari yang bahagia dan hadir. Jika keempat ‘pasal’ itu udah dilakuin, bukan aja klien kita yang terpuaskan dan kerjaan kita tuntas. Tetapi juga diri pribadi yang bisa menjadi lebih baik.

Gini dech, lo Pernah ngerasa pekerjaan lo ngebosenin dan memuakkan? Pernah ngerasa apa yang lo harepin melenceng terus? Pernah ngerasa segala rencana yang lo siapin dengan matang harus hancur karena hal sepele? Pernah merasa ga ada yang cocok dan ideal? Pastinya lo pernah. Hanya celakanya, lo gonta-ganti kerja yang lo anggap itu sebagai solusi. Ya, akhirnya, waktu lo habis buat cari yang ga pasti dong. Padahal, mestinya lo bersyukur dengan maslah tersebut. Percaya ato enggak, lo masih manusia tulen dengan permasalahan itu. Dengan begitu, lo dituntut bisa menentukan dan memilih sikap. Bermain di dalamnya, mengatur segalanya supaya bisa membahagiakan orang, juga hadir dan mengalaminya..

Pilih sikap

Sebagai simulasi, sekali-kali coba aja pilih sikap marah. Lo datang ke tempat kerja dalam keadaan marah-marah karena permasalahan pribadi lo bawa-bawa ke tempat kerja, lo rasain gimana lo bekerja. Terus pas udah beres, lo liat lagi apa yang lo dapet? Percaya ato ga, itu tuh cuma karena lo milih sikap mana yang mau lo pake hari itu. Sayang banget kan, kalo hidup yang singkat ini lo bikin ga nyaman? Padahal lo sendiri tau kalo alasan lo dilahirin tuh buat niggalin tanda abadi? Mau punya ‘peninggalan’ yang ga berguna?

Bermain

Oke, lo pilih apapun buat hari-hari lo. Tapi lo jangan mentang2 udah dewasa, lalu ngeharamin satu masa yang sangat membantu dan keren; masa kecil. Masa yang penuh dengan imajinasi dan permainan. Ga heran kalo kadang lo kaku dan ngebosenin. Cari kesenangan dalam ngejalaninnya dong.. serius sih harus, tapi bukan tanpa kesenangan kan? Bermain aja lah. Anggap apa yang lo kerjain sebagai permainan yang menyenangkan.
Buat hari mereka bahagia

Eits.., lo jangan dulu bangga dan besar kepala. Percuma aja kalo lo sendirian yang ngerasainnya. Sesekali ajak dong klien lo dengan cara sopan dan terhormat buat ngerasain yang lo rasain. Buat hari mereka bahagia. Itu bisa bikin mereka (klien) punya kesan yang positif loh.
Hadir

Tapi itu bakal lebih positif lagi kalo lo bisa membuat klien lo merasakan lo ada dan hadir buat dia. Cara lo memperlakukan mereka, cara ngomong lo yang seperti ama temen lama. Perhatian lo.. kalo yang empat hal itu bisa lo lakuin, percaya dech, lo bukan cuma baik di mata klien lo. Tapi yang lebih penting, lo bisa lebih baik buat lo sendiri.

Ga percaya?! Lo rasain sendiri aja, gua nulis review ini juga memilih sikap senang. Terus bermain kata-kata, ngajakin lo dengan bahasa yang biasa gua omongin ke lo supaya bisa ngajak lo bahagia karena ga ngerasa di gurui. Selain itu, gua juga bakal selalu ada (hadir) buat lo. Kan kita temenan..



Review cover.
“FISH!”.
Coba deh lo ucapin juga kata diatas.. Udah? Gimana perasaan lo. Kalo gua sih, ngerasanya jadi semangat gitu. Kaya nemuin sesuatu yang segar, kaya senada dengan; “aha!” atau “eureka!” atau “nah!”.
Dan kover buku ini yang seperti ngomong kaya gitu juga. Percaya ato enggak, gua baca buku ini juga karena liat kovernya. Untung aja isinya (menurut gua) juga bagus.
Dengan kata lain, dari segi kover juga buku ini udah cukup segar. Apalagi kalo tulisan “bekerja jadi…” dan “cara luar biasa…” dihilangkan. Kayaknya bakal lebih fresh. Satu lagi kelebihan kover ini adalah kurangnya image yang dikesankan ‘dewasa’. Jadi lebih mirip gambar anak kecil yang sangat fun ketika ngerjainnya.
Begitulah..

oleh:will(be)done.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Wah, keren banget euy program-na. Read or die. saya udah support program ini di blog Ruang Tengah. Kalo orang diluar NLG boleh ikutan nge-review nggak? Hehehe.

Salute!

Oya, tukeran link yuk! :)

Fahd
www.fahd-isme.blogspot.com
www.ruangtengah.co.nr